Sunday, 16 February 2020

Bagaimana Nasib Guru Honorer Yang Tak Memiliki NUPTK

PilarPendidikan.com - NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah nomor unik yang diberikan kepada tenaga pendidik dan kependidikan baik PNS maupun Honorer dari kemeterian pendidikan sebagai nomor identitas guru dan tenaga kependidikan yang bekerja di sekolah. NUPTK sangat penting bagi Guru dan tenaga kependidikan salah satunya merujuk ke juknis BOS tahun 2020 tentang pembayaran honorer guru dan tenaga kependidikan sebesar 50 persen dan juga sebagai persyaratan utama dalam proses sertifikasi guru.

Lantas bagaimana kalau guru dan tenaga kependidikan tidak memiliki NUPTK sementara masa pengabdian mereka sudah lama di sekolah tersebut, dan memiliki kinarja bagus..? apakah mereka mencicipi juga 50 Persen dari dana BOS...?

Menurut  Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ade Erlangga Masdiana. Sebanyak 53 persen dari total 1.498.344 guru bukan pegawai negeri sipil hingga 18 Desember 2019 belum memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Jumlah guru yang sudah memiliki NUPTK sebanyak 708.963 orang atau 47 persen dari total 1.498.344 guru yang bukan PNS" (bukan PNS).

Dari data tersebut menunjukkan masih banyak guru-guru Honorer yang bekerja tanpa NUPTK,

Berdasarkan pemaparan Juknis BOS 2020, pasal 9 ayat (2) huruf i dan ayat (3)  menyebutkan;

Pembayaran guru honor dan tenaga kependidikan pada sekolah negeri dan guru pada sekolah Yayasan maks 50% Persyaratan Guru honor pada sekolah negeri dan guru tetap Yayasan adalah:
a. Tercatat pada dapodik per 31 desember 2019
b. Memiliki NUPTK
c. Tidak atau belum menerima tunjangan profesi guru

Kembali pada topik diatas, bangaimana nasib Honorer yang tak memiliki NUPTK?
Pada pemaparan juknis BOS Tahun 2020 telah disebutkan pada pasal 9 syarat utama untuk mendapatkan gaji honorer dari dana BOS harus memiliki NUPTK.
Tapi jangan berkecil hati dulu bagi guru-guru honorer yang tak memiliki NUPTK tetap akan dibayarkan Honornya melalui dana BOS tersebut.
Kabarnya akan ada mekanisme pembayaran Gaji Honorer yang belum memiliki NUPTK berdasarkan penilain kinarja dari kepala sekolah masing-masing.

Demikian informasi ini semoga memberikan manfaat bagi guru-guru honorer yang belum memiliki NUPTK, tetap semangat yah,.... salam pendidikan.

Baca Juga:
5 Kelebihan Wanita Yang Berprofesi Guru, Maka Bersyukurlah Jika Istrimu Seorang Guru
Cara Pengajuan NUPTK Terbaru Agar Cepat Diterima
Dana BOS 50 Persen Hanya Untuk Guru Honorer Yang Memiliki NUPTK dan Non Sertifikasi
Paparan Perubahan Juknis BOS Tahun 2020
Tidak Terima Tunjangan dan Dana BOS Jika Hal Ini Terjadi