Thursday, 20 February 2020

Bagiamana Ciri-ciri Soal Hots

PilarPendidikan.com - Mungkin sebagian besar guru telah mengikuti program PKP yang salahsatu inti dalam program tersebut adalah merancan pembelajaran dengan konsep Hots sehingga dalam penyusunan soal sebagian besar soal yang disusun dalam bentuk HOTS.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (Hots) adalah keterampilan berpikir logis, kritis, kreatif, dan problem solving secara mandiri. Berpikir logis adalah kemampuan bernalar, yaitu berpikir yang dapat diterima oleh akal sehat karena memenuhi kadiah berpikir ilmiah. Berpikir kritis adalah berpikir reflektif-evaluatif. 

Orang yang kritis selalu menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk menganalisis hal-hal baru, misalnya dengan cara membandingkan atau mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya sehingga mampu menjustifikasi atau mengambil keputusan.

Bagiamana Ciri-ciri Soal Hots, telah dijelaskan pada tulisan diatas semoga memberikan manfaat dan bisa berbagi jika hal ini penting untuk dibagikan. Salam pendidikan.

Sementara itu, berpikir kreatif adalah kemampuan menemukan ide/gagasan yang baru atau berbeda. Dengan gagasan yang baru atau berbeda, seseorang akan mampu melakukan berbagai inovasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan nyata yang dihadapinya.

Soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sangat direkomendasikan untuk digunakan pada berbagai bentuk penilaian kelas dan Ujian Sekolah.

Soal yang termasuk Higher Order Thinking Skills (HOTS) memiliki ciri-ciri:
1.Transfer satu konsep ke konsep lainnya
2.Memproses dan menerapkan informasi
3.Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
4.Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
5.Menelaah ide dan informasi secara kritis

Bagiamana Ciri-ciri Soal Hots, telah dijelaskan pada tulisan diatas semoga memberikan manfaat bagi kta semua dan jika berkenan silahkan membagikan tulisan ini. Salam pendidikan.

Baca Juga:

5 Kelebihan Wanita Yang Berprofesi Guru, Maka Bersyukurlah Jika Istrimu Seorang Guru


Cara Pengajuan NUPTK Terbaru Agar Cepat Diterima


Dana BOS 50 Persen Hanya Untuk Guru Honorer Yang Memiliki NUPTK dan Non Sertifikasi


Paparan Perubahan Juknis BOS Tahun 2020


Tidak Terima Tunjangan dan Dana BOS Jika Hal Ini Terjadi